31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Kesehatan

Perangkat Unik yang Hadirkan Sensasi Unik Kurangi Rasa Nyeri Mengenal TENS HV-F013

Rasa nyeri bisa dipicu dari gangguan penyakit, dampak dari aktivitas, hingga cedera. Rasa nyeri kerap membuat tidak nyaman sehingga aktivitas atau bahkan kualitas hidup seseorang terganggu. Untuk itu, Omron Healthcare Indonesia meluncurkan produk terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) terbaru pada 9 Desember 2019 lalu.

TENS seri HV F013 merupakan perangkat portabel yang dirancang untuk mengurangi nyeri kronis dan akut akibat cedera ketika berolahraga atau aktivitas sehari hari. Produk ini bekerja mengirimkan getaran stimulasi di permukaan kulit dan sepanjang untaian saraf. Untuk sesi awal terapi nyeri dengan HV F013 akan membutuhkan sekitar 15 menit dan dapat diulang selama 15 menit jika diperlukan, maksimal 3 kali sehari.

Namun saat mencoba terapi dengan alat ini, harus memeriksa tingkat rasa nyeri pada skala 1 (rendah) hingga 10 (sangat nyeri), sebelum dan setelah melakukan terapi. Langkah ini dilakukan untuk menentukan dampak penggunaan perangkat. Dalam kotak TENS seri HV F013, selain alat utama juga dilengkapi buku panduan cara mempergunakan.

Unit ini ditenagai oleh 2 baterai AAA, yang juga disertakan dalam kemasan. Alat ini sendiri mengggunakan 5 mode pemijatan, yakni mode 1 untuk lengan, mode 2 tengah badan, mode 3 untuk betis dan mode 4 5 untuk relexasi. Cara pengoperasikan awalnya menggunakan masukkan baterai A3 yang memang telah tersedia dalam produk satu kemasan utama.

Di dalamnya juga terdapat divice dan pet yang bisa dicopot. Pet dilengkapi gel untuk membuat lengket. Cara penggunaan, tempetkan di sekitar 3 cm dari rasa sakit bukan di titik sakit karena alat berfungsi melakukan stimulasi lalu dihidupkan.

Setelah itu tekan modenya disesuaikan lokasinya, tapi jika ingin mendapatkan sensasi 'strom' yang lebih, bisa disesuai asalbisa diterima tubuh. Alat ini disetting untuk 1 sesi selama 15 menit sehingga tidak perlu usah pakai timer dan bisa berlanjut sesi kedua selama 15 menit sehingga maksimal 30 menit. Setelah 30 menit disarankan tidak langsung menggunakan lagi namun harus menunggu beberapa jam kemudian boleh dan maksimal sehari hanya boleh 3 kali.

Dengan kata lai n dalam sehari hanya boleh digunakan 3 kali masing masing 30 menit. Untuk memindahkan, perangkat harus dimatiin dan jangan duipindahkan dakam kondisi hidup TENS seri HV F013 merupakan alat kontroler, bukan untuk menyebuhkan atau obat karena mengontrol sakit kita bisa menjalankan aktivitas. Perangkat ini tidak bisa digunakan sebagai terapi pasca stroke lumpuh. Mengingat ini menggunakan aliran listrik maka tidak diperkenanlankan di wilayah dada, jantung paru paru dada dan leher.

Perangkat hanya bisa digunakan di tangan kaki punggung betis, telapak kaki. Khusus pet merupakan lat penggunaan personal, jangan digunakan pergantian dengan saudara. Pet dijual terpisah sebagai candangan di rumah. Untuk membersihkan cukup disiram air dingin air mengalir dibagian gel, dikering lalu nempel dan penggunaan bisa sampai 150 kali karena pencucian mengurangi daya rekat.

Terapi dengan HV F013 harus dihentikan jika pengguna mengalami reaksi yang merugikan, seperti iritasi kulit, kemerahan, terbakar atau sensasi menyakitkan lainnya. Jika tidak ada efek atau jika rasa sakit memburuk dan berlanjut selama lebih dari 5 hari. Kualitas hasil tergantung pada kondisi tiap individu. Produk ini ditujukan untuk meningkatkan kesehatan pasien dengan menyediakan terapi manajemen/mitigasi nyeri, dan tidak menyembuhkan penyebab rasa sakit.

Pengguna dianjurkan juga untuk berkonsultasi ke dokter sebelum dan saat menggunakannya. OMRON HV F013 akan tersedia pada bulan Desember 2019 dan dapat ditemukan di apotek mitra OMRON seperti Century, Boston, Watson, Guardian, Kimia Farma, serta toko peralatan medis di seluruh Indonesia dan di marketplace online seperti Tokopedia.

Baca Lainnya

Perokok Tanggung Risiko Hilangnya Kemampuan Pendengaran

Ristia Afifah

Ini Penjelasannya! Mengapa Kita Punya Dua Ginjal jika Bisa Bertahan Hidup dengan Satu Saja

Ristia Afifah

3 Minuman Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Cocok Diminum Sebelum Tidur

Ristia Afifah

Kardiolog Harry Suryapranata Memperoleh Gelar Kehormatan di Belanda

Ristia Afifah

Ikan Lele Ternyata Ampuh buat Cegah Anak Stunting Tak wajib Daging Sapi yang Mahal

Ristia Afifah

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Ristia Afifah

Musisi Anji Manfaatkan Rokok Elektrik Kurangi Kebiasaan Merokok

Ristia Afifah

Cegah Kanker Hingga Penuaan Dini Tingkatkan Fungsi Otak 5 Manfaat Tak Terduga dari Teh Hijau

Ristia Afifah

Sosialisasi Pentingnya Bahaya Penularan Penyakit dari Hewan Lewat Pertunjukan Teater ‘SUN’

Ristia Afifah

Baju Olahraga Suka Berbau Keringat Sehabis Dipakai? Simak 6 Tipsnya dari Pakar Kesehatan

Ristia Afifah

Viral Ini Kata Dokter Mata Anak Keluar Cairan Mirip Darah & Nanah Akibat Radiasi HP POPULER

Ristia Afifah

Menyebabkan Bibir Gelap hingga Rambut Beruban 5 Efek Merokok buat Kulit & Rambut

Ristia Afifah

Leave a Comment