27.1 C
Jakarta
Monday, Jan 20, 2020
Image default
Pendidikan

Perguruan Tinggi Hadapi Kesenjangan Antara Teori dengan Implementasi di Dunia Industri Praktisi IT

Kalangan perguruan tinggi saat ini menghadapi kesenjangan yang cukup lebar antara materi tentang teknologi informasi yang diajarkan ke mahasiswa (yang dipelajari di kampus) dengan kebutuhan nyata di dunai industri. "Selama ini kita menghadapi gap yang sangat besar di kalangan mahasiswa jurusan teknologi informasi dengan aplikasinya di dunia industri. Ini yang terjadi di negara kita. Persoalan ini harus diselesaikan, harus ada upaya mengatasi gap itu," ujarPrihandoko, KetuaIkatan Alumni Fakultas Ilmu Komputer (ILUNI12) Universitas Indonesia di sela seminar ‘Network Infrastruktur & IT Operations’ yang digelar di kampus STMIK Nusa Mandiri, Jl.Margonda Raya No. 545, Kota Depok, Kamis (10/10/2019). Karena itu pihaknya bekerja sama dengan STMIK Nusa Mandiri menggagas seminar ini untuk menekan gap tersebut

Melalui seminar ini, pihaknya bisa mendatangkan para alumni ILUNI12 yang kini menjadi praktisi di bidang IT agar bisa berbagai pengalaman dan wawasan tentang perkembangan implementasi IT di duniaindustri kepada para mahasiswa. Para alumni ILUNI12 yang memberikan pembekalan ke mahasiswa tersebut datang dari beragamperusahaan IT nasional dan multinasional. "Kami sebagai ketua Fasikom UI memiliki lebih dari 5.000 alumni yang bekerja di berbagai sektor industri. Kami ingin menawarkan kepada perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan pembekalan, dan wawasan dari alumni kami kepada mahasiswa," ujar Prihandoko.

Dia menjelaskan, STMIK Nusa Mandiri menjadi perguruan tinggi pertama yang menerima program transfer of technology ini. "Program ini akan terus berjalan dan kami juga sedang menjajaki perguruan tinggi lain," ujar Prihandoko. Dr. Dwiza Riana, Ketua STMIK Nusa Mandiri tak menampik adanya gap tersebut. "Harus diakui, memang ada gap yang sangat besar antara pengetahuan di kampus dengan implementasi di dunia kerja," ujar DR Dwiza. Karenanya, sejak beberapa tahun kemarin kampus yang dipimpinnya menerapkan ketentuan seminar wajib setiap semester di setiap Prodi yang harus diikuti mahasiswa dengan mengundang partner dari beragam sektor untuk memberikan materi sharing session ke mahasiswanya.

"Ini untuk mengurangi gap tadi. Kami berterima kasih sekali atas kerjasama dengan ILUNI12. Ini pertama kali di Indonesia, kerjasama alumni Fasikom UI menjalin kerjasama dengan kampus kami," ujar DR Dwiza. Dia menambahkan, kegiatan di kampusnya dari para praktisi IT bisa jadi pilot project bagi kampus kampus lain yang juga memiliki program studi teknologi informasi. "Network infrastruktur dan IT operations menjadi kemampuan wajib yang harus dikuasai mahasiswa kami. Begitu lulus mereka harus jago di bidang ini. Kerjasama dengan ILUNI12 ini membuat pembelajaran tentang IT Operations dan Network Infrastructure menjadi lebih terarah," ujar DR Dwiza.

Pihaknya akan membuat program lanjutan untuk mahasiswanya yang ingin mendalami sektor IT tertentu dengan mengacu pada hasil MoU kerjasama dengan ILUNI12. Prihandoko, ILUNI12 memilikilebih dari 25 an narasumber yang seluruhnya berasal dari alumni Fasikom UI. "Kita menginventarisir alumni yang memiliki kepakaran di bidang nya dari sektor industri IT berbeda. Ada alumni kami yang bekerja di perusahaan IT multinasional," ujarnya. Kepala Prodi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Anton, M.Kom, mengatakan di seminar pertama dari kolaborasi ILUNI12 ini pihaknya menghadirkan tiga pembicara ahli yang sekaligus praktisi di bidang IT.

Ketiganya adalah Hasrul Maruf dari PT PLN Engineering, Jefri Abdullah dari Cisco Indonesia dan Muhammad Nasri sebagai Deloitte Consulting South East Asia.

Baca Lainnya

IPK yang Tinggi Ttidaklah Cukup buat Jadi Sarjana yang Adaktif

Ristia Afifah

Didik Mukrianto Bahas Kedudukan KPK di Sistem Ketatanegaraan Sidang Doktor

Ristia Afifah

Gadis 27 Tahun Lulusan S2 Harvard University Fakta-Fakta Risa Santoso Rektor Termuda di Indonesia

Ristia Afifah

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 di sbmptn.ac.id Dibuka Lagi, LTMPT Bagikan Hal Penting untuk Peserta

Ristia Afifah

Siswa SMA di Semarang Ikuti Pelatihan Seleksi Semakin Ketat

Ristia Afifah

Unika Atma Jaya Kembali Gelar Social Entrepreneur Marketplace  

Ristia Afifah

hanya Cukup buat Beli Air Bersih & Minyak Tanah Kisah Mirisnya Gaji Guru di Pedalaman Papua

Ristia Afifah

Cerita Moses Mayer Membuat Aplikasi SampahLink untuk Pengelolaan Sampah

Ristia Afifah

Doa Kemudahan Lulus Ujian, UNBK SMA 2019 Digelar Mulai Hari Senin, Persiapkan Dirimu!

Ristia Afifah

Tips-Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas

Ristia Afifah

Info Terkini UTBK 2019: Peserta Diminta Unduh Kartu Peserta UTBK yang Baru

Ristia Afifah

Paling Inspiratif Menyejukkan Hati Sahabat Rasulullah SAW 35 Kalimat Bijak Ali Bin Abi Thalib

Ristia Afifah

Leave a Comment