27.9 C
Jakarta
Wednesday, Jun 3, 2020
Image default
Internasional

Perhatikan Larangan Masuk di 13 Negara Berikut terkait Pandemi Covid-19 Ingin Bepergian

Sejumlah negara meningkatkan kewaspadaan terkait pandemi Virus Corona (Covid 19). Beberapa negara sudah menerapkan pembatasan kunjungan dan akses keluar maupun masuk ke wilayahnya. Pembatasan itu dilakukan dengan menonaktifkan bandara dan transportasi umum lainnya, menutup garis perbatasan, sampai membuat kebijakan lockdown total.

Hal tersebut terkait kekhawatiran akan penyebaran Virus Corona. Pemerintah Australia melarang warga asing memasuki batas wilayahnya. Larangan tersebut dikecualikan untuk warga negara Australia, keluarga dari warga Australia, residen tetap dan anggota keluarga, kru penerbangan, dan diplomat.

Warga negara Australia juga dilarang bepergian ke luar negeri, kecuali residen negara lain, kru penerbangan, dan pegawai negeri yang melakukan perjalanan dinas. Warga asing dilarang memasuki wilayah atau transit di Brunei Darussalam. Segala bentuk izin visa ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Mulai 30 Maret sampai 30 April 2020, visa kedatangan dan visa elektronik ditunda. Selain itu, warga asing harus memiliki sertifikat kesehatan kurang dari 72 jam sejak tiba di Kamboja. Warga asing yang tiba di Kamboja juga harus dinyatakan negatif dari Covid 19 dan harus memiliki asuransi kesehatan.

Beberapa warga negara yang dilarang memasuki wilayah Kamboja adalah Perancis, Jerman, Iran, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat. Untuk sementara waktu China menutup perbatasan bagi sebagian besar warga negara asing, termasuk anggota diplomat. Warga asing yang memiliki izin tinggal juga dilarang masuk ke wilayah china.

Penerbangan internasional juga dibatasi. Warga asing yang tidak memiliki visa Schengen dilarang masuk wilayah Perancis. Larangan tersebut dikecualikan untuk warga Swiss, Inggris, dan warga asing yang sudah memiliki izin tinggal.

Tenaga medis dan ilmuwan yang meneliti Covid 19 juga masih mendapat izin keluar masuk batas wilayah Perancis. Warga asing yang tidak tinggal di Indonesia dilarang transit atau memasuki wilayah Indonesia. Segala bentuk visa ditunda perizinannnya sampai 20 April 2020.

Pengunjung yang memiliki riwayat perjalanan ke Perancis, Jerman, Iran, Italia, Spanyol, Swiss, Inggris, atau Kota Vatikan dalam 14 hari terakhir dilarang masuk wilayah Indonesia. Larangan tersebut dikecualikan untuk warga negara Indonesia. Pemerintah Italia menerapkan lockdown total mulai 10 Maret sampai 3 April 2020.

Turis dilarang memasuki wilayah Italia. Orang yang bepergian dengan alasan kunjungan bisnis harus melaporkan kedatangan mereka ke otoritas kesehatan setempat dan melakukan isolasi diri selama 14 hari. Jepang melarang kunjungan dari orang yang mempunyai riwayat perjalanan ke China, Iran, Italia selama 14 hari sebelumnya.

Visa yang diterbitkan sebelum 27 Maret 2020 dari Bahrain, Brunei Darussalam, Kongo, Indonesia, Israel, Malaysia, Filipina, Qatar, Singapura, Thailand, dan Vietnam dibatalkan. Warga asing yang tidak memiliki izin tinggal dilarang memasuki wilayah Malaysia. Warga negara dan warga asing berizin tinggal harus melakukan karantina selama 14 hari saat tiba di Malaysia.

Pemerintah Filipina memberlakukan lockdown selama satu bulan di wilayah Luzon. Penerbangan domestik dan internasional dibatalkan sampai 14 April 2020. Sejak 15 Maret 2020, pemerintah Arab Saudi menunda semua penerbangan internasional selama dua minggu.

Kunjungan singkat untuk transit dilarang di Singapura. Semua warga yang memiliki izin tinggal di Singapura harus mengisolasi diri selama 14 hari. Amerika Serikat melarang kunjungan warga asing yang memiliki riwayat perjalanan ke China, Iran, Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, dan Islandia.

Lalu Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, dan Polandia. Setelah itu Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris atau Irlanidia.

Baca Lainnya

Hiasan Tahun Baru dari Potongan Bambu yang Dipasang di Rumah Warga Jepang Mengenal Kadomatsu

Ristia Afifah

5 Fakta Pernikahan Di Afghanistan Diserang Bom Bunuh Diri, Pengantin Wanita Pingsan Berkali Kali

Ristia Afifah

Seekor Buaya Berukuran 4 Meter yang Dievakuasi dari Saluran Irigasi di Georgia Dikira Hoaks

Ristia Afifah

Baru Disahkan, UU Anti Hoax Singapura Tuai Kritikan

Ristia Afifah

Kenaikan Jumlah Wisatawan Indonesia menuju Jepang Bulan Oktober Tertinggi Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Ristia Afifah

Puji Istri Pertama yang Ikhlas Menerima Suami Nikahi Janda Anak 8 Kaleidoskop November 2019

Ristia Afifah

Pohon Bulan Purnama Jepang Jadi Daya Tarik Turis menuju Tokushima

Ristia Afifah

Jokowi Sampaikan Obserbasinya buat Perdamaian di Rakhine State & Palestina Dihadapan Sekjen PBB

Ristia Afifah

Jokowi Ma’ruf Dilaporkan Menang Telak Di Australia

Ristia Afifah

Dokter Ditangkap Polisi, Diduga Sebarkan Virus HIV Melalui Jarum Suntik, 65 Korbannya Anak Anak

Ristia Afifah

Bibit Blueberry dari Jepang akan Dikirimkan ke Indonesia 5 Desember 2019

Ristia Afifah

Kisah Alan Turing, Pemecah Kode Rahasia Perang Dunia II yang Dikebiri Kimia karena Kelainan Seksual

Ristia Afifah

Leave a Comment