26.7 C
Jakarta
Wednesday, Feb 26, 2020
Image default
Otomotif

Persaingan Panas, APM Fokus Upgrade Fasilitas Dealer

Inovasi dan peningkatan layanan menjadi kunci bagi para Agen Pemegang Merek (APM) untuk memenangkan loyalitas pelanggan. Tak heran, banyak APM yang tak segan segan melakukan ekspansi di jaringan distribusinya. PT Honda Prospect Motors (HPM) misalnya, pemegang merek mobil Honda ini masih berencana menambah diler baru di tahun 2019 ini.

Jonfis Fandy,Marketing & After Sales DirectorPT HPM menekankan bahwa komitmen perusahaan tidak pernah berubah yakni memberikan kepuasan pelanggan yang paling tinggi. Jika bicara hal tersebut, kata Jonfis, sudah ragam cara yang dilakukan APM mulai dari inovasi produk, fasilitas diler, pelayanan darurat 24 jam, sampai dengan menyediakan nilai jual kembali yang bersaing. "Itu pada akhirnya akan di cerminkan ke brand image dan kepercayaan kepada merek," sebutnya, Jumat (29/3).

Bicara soal diler, saat ini HPM telah memiliki 153 diler yang mengadopsi fasilitas sales,service and spare parts(3S) di kota kota besar dan sekitar 40 diler 3S di kota kota kecil seluruh Indonesia. Adapun di tahun ini, Jonfis menyebutkan, HPM bakal menambah 4 5 diler 3S lagi di beberapa kota. Masuk momen lebaran, HPM melihat kemungkinan kenaikan permintaan tetap ada. Apakah perusahaan akan mengemas promosi atau potongan harga? Jonfis mengatakan manajemen tengah memikirkan kemungkinan tersebut, meski menurutnya insentif ke pasar sebenarnya sudah cukup banyak dan bervariasi saat ini.

Mengulik data penjualan Gaikindo, dalam dua bulan pertama di tahun ini, All New Honda Brio mencatat penjualan sebanyak 12.477 unit dan memberikan sumbangan terbesar bagi penjualan HPM. Kemudian model berikutnya terjual 9.486 unit All New Honda Brio Satya dan 2.991 unit All New Honda Brio RS. Sementara itu bagi, PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah penting untuk selalu prima dalam melayani pelanggan. Sebab peningkatan loyalitas tersebut terkait langsung bagaimana perusahaan menjagabrandingmereknya.

TAM sendiri tahun ini baru saja meluncurkan fasilitas test drive mobil di Jakarta. Anton Jimmy Suwandy, Marketing Director TAM membeberkan investasi fasilitas ini mencapai Rp 5,5 miliar. Kedepan, jika animo konsumen di berbagai daerah meningkat bukan tidak mungkin fasilitas seperti ini bakal diadakan di berbagai kota. "Ini tahap pertama, kalau respon dan feedback baik akan dipertimbangkan," ujarnya saat peluncuran tersebut, Jumat (29/3). Salah satu alasan Jakarta dipilih tak lain pangsa pasar penjualan mobil masih banyak di Jabodetabek.

TAM saja, kata Anton, hampir 35% penjualannya tiap tahun berasal dari Jabodetabek, sementara sisanya Sumatera berkontribusi 20% 22% bagi penjualan, lalu regional Jawa selain Jabodetabek kira kita 25%, sedangkan area Kalimantan, Bali, Sulawesi dan daerah Timur sekitar 15%. TAM sendiri optimistis masih bisa mempertahankan market share hingga akhir tahun ini. Untuk targetmarket shareToyota Avanza serta produk Toyota secara keseluruhan punya nilai yang sama, sekitar 30% di kategorinya Rasa optimis itu bukan tanpa sebab, pemesanan dua mobil anyar yakni Toyota New Avanza dan New Veloz saja sudah mencapai sekitar 15.000 surat pemesanan kendaraan (SPK) hingga akhir Februari dan masih akan terus bertambah.

Oleh karenanya, TAM berani mematok bidikan penjualan bagi kedua mobil itu sebanyak 7.500 unit per bulan.

Baca Lainnya

All New Picanto Siap Jadi Starter Comeback-nya KIA di Pasar Otomotif

Ristia Afifah

Tujuh Tips Mengikuti Lelang Kendaraan Buat Pemula

Ristia Afifah

BMW dan Mercy Wajib Penuhi Syarat Ini agar Dipilih Jadi Mobil Dinas Jokowi

Ristia Afifah

Di Kategori Delaer Mobil, Astrido Raih Predikat Top Brand Award 2019

Ristia Afifah

Pelat Nomor Kendaraan Listrik Sengaja Beda Warna Biar Dapat Benefit di Jalan

Ristia Afifah

Hindari Penggunaan Air Sabun Sebagai Refill Air Wiper, Ternyata Ini Alasannya

Ristia Afifah

Enteng Menggendong Sport Car, Jetbus3+ SDD Adi Putro Ini Juga Dilengkapi Bar

Ristia Afifah

Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Berbagi ke Sesama Lewat We Care We Share

Ristia Afifah

Sudah Enam Kali Naik, Harga Xpander akan Berubah Lagi Usai Kenaikan Bea Balik Nama?

Ristia Afifah

Penjualan Kendaraan Niaga Melemah, Pembiayaan Baru Adira Finance Mencapai Rp 19,1 Triliun

Ristia Afifah

Ekpedisi Toyota 5 Continents Drive Ajang Uji Ketangkasan Mobil di Australia

Ristia Afifah

Honda ADV150 Dibikin Gigit Jari, Ini Penampakan Yamaha NMAX Versi Adventure

Ristia Afifah

Leave a Comment