27.9 C
Jakarta
Wednesday, Jun 3, 2020
Image default
Bisnis

Pertamina Percepat Progres Persiapan Rumah Sakit Darurat & Rujukan Covid-19

PT Pertamina (Persero) mempercepat progres persiapan fasilitas Rumah Sakit Darurat khusus penanganan Covid 19. Rumah Sakit Darurat itu dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta dan menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) sebagai rumah sakit khusus rujukan pasien Covid 19. Pertamina juga menyediakan sekitar 700 tenaga medis dan tenaga pendukung baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ.

Direktur SDM Pertamina Koeshartanto menyatakan penyiapan Rumah Sakit Darurat dan Rumah Sakit Rujukan merupakan bagian dari peran Pertamina sebagai BUMN dalam membantu menangani pasien Covid 19 yang terus bertambah. “Pertamina menyediakan dua asset Pertamina yakni RS Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, yang letaknya persis bersebelahan di daerah Jakarta Pusat untuk dialihfungsikan menjadi RS Khusus untuk penanganan pasien Covid 19,” ujar Koeshartanto dalam keterangan Selasa (7/4/2020). Selama 3 pekan pengerjaan sarana rumah sakit darurat dan rumah sakit rujukan, saat ini progres sudah mencapai sekitar 90 persen.

“SDM juga sudah kita siapkan 700 lebih tenaga medis dan tenaga pendukung yang telah diproses melalui rekrutmen dan juga mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ,” imbuh Koeshartanto. Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan 52 kamar hotel untuk akomodasi para tenaga medis. Direktur Utama IHC Dr Fathema menambahkan bahwa saat ini disiapkan juga bangunan ruang rawat 90 bed modular di arena hotel Patra Jasa.

Rehab dilakukan untuk ruang tempat tidur setingkat intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostic, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ. “Perbaikan area lantai 2 dan 3 sebanyak 48 ruang di RSPJ meliputi pekerjaan arsitektur, plumbing, gas medis, elektrikal, elektronik dan pengadaan instalasi AHU,” paparnya. Seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien Covid 19.

Pertamina menyiapkan sebanyak 65 kamar isolasi dengan Negative Pressure untuk merawat pasien yang positif Covid 19. Fasilitas kesehatan yang disiapkan baik di Rumah Sakit Darurat Covid 19 Hotel Patra Jasa dan RSPJ mengikuti standar yang ditetapkan WHO. Khusus untuk laboratorium, sudah siap alat test dari Roche yang mampu melakukan test 1.400 sampel setiap harinya.

Baca Lainnya

Merek Merek Waralaba Paling Diminati Tahun 2019

Ristia Afifah

Tiga Ciri Rentenir Online Berkedok Fintech yang Harus Diwaspadai

Ristia Afifah

Lima Alasan Menabung Emas Patut Menjadi Resolusi Tahun Baru Generasi Milenial

Ristia Afifah

Menhub Pindahkan Pelabuhan Logistik menuju Wae Kelambu Agar Wisatawan Nyaman di Labuan Bajo

Ristia Afifah

Apersi Banten Tetap Apresiasi Penambahan Kuota FLPP Meski Kecewa

Ristia Afifah

5 Triliun PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 5

Ristia Afifah

Ini Penjelasan Dirut Bank Mandiri Dampak Virus Corona Terhadap Kredit Perbankan

Ristia Afifah

SMF Bakal Salurkan KPR buat Karyawan PNM

Ristia Afifah

Minimal Lulusan SMA BPS Buka Lowongan 390 Ribu Lowongan Petugas Sensus

Ristia Afifah

Grab Tanggapi Positif Rencana Regulasi Alat Mobilitas Pribadi di Jakarta

Ristia Afifah

Kemenperin Dorong Industri Dorong Ketersedian Pasokan Menjelang dan Selama Lebaran

Ristia Afifah

Ini Harapan Pelaku Industri Properti kepada Kabinet Baru

Ristia Afifah

Leave a Comment