27.9 C
Jakarta
Wednesday, Jun 3, 2020
Image default
Nasional

Pertimbangan Anies Liburkan Sekolah 2 Minggu buat Cegah Corona

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan untuk menutup sekolah selama dua minggu. Hal ini dilakukan demi menekan risiko penularandan perkembangan covid 19 atau virus corona. Pertimbangan Anies untuk mengambil keputusan meliburkan sekolah merujuk dari pengalaman berbagai tempat.

Anies menyebut anak anak memang tidak banyak terjangkit covid 19. Namun, dari pembahasan pertemuan yang diselenggarakannya menyebut anak anak bisa menjadi penjembatan untuk menularkan covid 19 dari orang dewasa satu ke orang dewasa lain. "Data menunjukkan, anak anak tidak banyak terjangkit covid 19, namun mereka adalah carrier penular dari orang dewasa ke orang dewasa lain," ungkap Anies dalam konferensi pers, Sabtu (14/3/2020) dilansir Facebook Pemprov DKI Jakarta.

Anies menyebut kegiatan belajar mengajar memerlukan peran orang dewasa. "Mulai dari pengajar, antar jemput, dan lain sebagainya," ungkap Anies. Anies menyebut sebelumnya Pemprov DKI menggelar pertemuan dengan berbagai unsur, terutama pihak dari unsur medis.

"Hasil diskusi pembahasan, kita sampai pada kesimpulan Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup semua sekolah di lingkungan DKI Jakartadan akan melakukan belajar mengajar melalui metode daring," ujar Anies. Penutupan sekolah akan dilakukan dua minggu mulai Senin (16/3/2020). "Dan akan mengevaluasi di akhir pekan kedua," ungkapnya.

Anies menyebut peserta didik di Jakarta berjumlah 1,5 juta anak. "Sedangkan untuk kelas 3 SMA dan SMK yang akan melangsungkan ujian terdapat 124 ribu," ujarnya. Sementara itu, dengan keputusan ini jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyiapkan materi belajar jarak jauh.

"Bahan bahan untuk orangtua, guru, siswa, kepala sekolah, akan siap sebelum hari Senin," ungkap Anies. Anies menegaskan, langkah yang dilakukan adalah mengurangi interaksi antarwarga "Artinya mobilitas penduduk ditekan, kegiatan yang tidak perlu ditiadakan," ujarnya.

Anies mengimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. "Kita tidak menutup Kota Jakarta, tapi kami meminta masyarakat untuk bertanggung jawab dengan diri sendiri," ujarnya. Diketahui pertemuan tersebut dihadiri selain Pemprov Jakarta, hadir pula unsur ikatan dokter, hingga pimpinan WHO Indonesia melalui teleconference .

Sementara itu hingga 13 Maret 2020 pukul 18.00 WIB, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait covid 19 di DKI Jakarta berjumlah 586 orang. Rincian ODP, sebanyak 144 orang masih dalam pemantauan, dan 442 orang selesai pemantauan. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 261.

Rinciannya, sebanyak 126 orang masih dirawat dan 135 telah pulang dan dinyatakan sehat. Sementara itu secara nasional, kasus covid 19 telah positif menginfeksi 69 orang. Sebanyak 60 orang dirawat, 5 orang sembuh, dan 4 meninggal dunia.

Sementara itu data terkini virus corona global mengungkapkan 135 negara telah terinfeksi. Sementara itu ada kasus infeksi 143.847. Jumlah kematian mencapai 5.391 jiwa.

Sedangkan pasien yang berhasil disembuhkan mencapai 70.914 orang.

Baca Lainnya

Jangan seolah-olah di PKS Tidak Pipin Sopian Ungkap Potensi Nepotisme Gibran Maju di Pilkada PDIP

Ristia Afifah

Ketua DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara

Ristia Afifah

Pemulihan Psikologis Pelaku dan Korban Perundungan, LPKA dan KPAI Bisa Berikan Rekomendasi

Ristia Afifah

Sukmawati Soekarnoputri Merasa Dirugikan karena Kata-kata dalam Isi Pidatonya Telah Diubah

Ristia Afifah

Kominfo Klaim Ada 30 Kabar Hoaks Selama Rusuh 22 Mei

Ristia Afifah

Diduga Selama 2 Jam Setnov ‘Mengadali’ Petugas Pengawal di Rumah Sakit

Ristia Afifah

Prabowo Soroti Negara Asing di Bumi Pertiwi yang Bikin Negara Rapuh

Ristia Afifah

Respons Menteri Erick Thohir soal Kabar Susi Pudjiastuti & Ignasius Jonan Akan Jadi Bos BUMN

Ristia Afifah

Hasil Investigasi TGPF: Serangan Tidak untuk Bunuh Novel tapi Membuatnya Menderita

Ristia Afifah

Meutya Hafid Akan Panggil Menteri Baru Termasuk Prabowo Didapuk Jadi Ketua Komisi I DPR RI

Ristia Afifah

Pekanbaru Hujan Petir di Siang Hari Prakiraan Cuaca BMKG di 33 Kota Besok Minggu 24 November 2019

Ristia Afifah

Andre Rosiade Sentil Pensiunan di BUMN hingga Bagi-bagi Kursi Tim berhasil Bahas Kinerja Erick Thohir

Ristia Afifah

Leave a Comment