25.8 C
Jakarta
Saturday, Jan 18, 2020
Image default
Nasional

Polisi Sebut Telah Periksa 73 Saksi & 7 Kali Gelar Pra Rekonstruksi Kasus Novel Baswedan Terungkap

Polisi menyebut upaya pengungkapan kasus penyiraman air keras kepada penyidik seniorKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan teleh melaluijalan panjang dengan memeriksa73 Saksi dan menggelar 7 Kali pra rekonstruksi. Pelaku penyiraman air keras ke penyidikKPK Novel Baswedan merupakan anggota polisi aktif. Hal itu diungkapkan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan persnya Jumat (27/12/2019) seperti disiarkan KompasTV.

"Pelaku ada dua orang inisal RM dan RB. Polri aktif," kata Kabareskrim Polri. Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menjelaskan, kedua pelaku tersebut diamankan di Jalan Cimanggis Depok pada Kamis (26/12/2019) malam. Karopenmas menjelaskan, pengungkapan kasus penyiraman air keras kepad Novel Baswedan tersebut telah melalui proses yang panjang.

"Penyidik sudah melakukan olah TKP atau pra rekonstruksi sekitar7 kali kemudian juga telah memeriksa beberapa saksi yang sekitar 73 saksi telah kita lakukan pemeriksaan," ungkap Argo. Tak hanya itu, pihak kepolisian juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai instistusi. "Kemudian juga dari institusi kepolian memebentuk tim teknis, tim pakar, dan kemudian kita juga ada kerjasama dari berbagai instansi Labforesik, Inafis dan sebagainya," jelas Argo.

Argo menjelaskan, dua pelaku tersebut telah dibawa ke Polda Metro Jaya dan telah ditetapkan menjadi tersangka. "Dan tentunya sesampainay di Polda Metro Jaya, kedua yang diduga pelaku ini langsung kita lakukan interogasi, dan mulai tadi pagi sudah kita ditetapkan sebagai tersangka," terang Argo. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku sudah tahuperkembangan terbaru kasus Novel Baswedan.

Mahfud mengatakan, dirinya telah mengetahui informasiterkaitkabar tertangkapnya terduga pelaku penyiraman air keras ke penyidik KPK Novel Baswedan. "Sudah tahu saya, ada dua orang," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019), dikutip Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Mahfud hanya menjawab singkat. "Bagus," kata dia.

Sebelumnya, Preisden Joko Widodo telah mendesak Kapolri Idham Aziz untuk mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap Novel baswedan. Saya tanyakan langsung ke Kapolri. Saya juga ingin sebuah ketegasan ada progres atau tidak," ujarnya Presiden Senin (9/12/2019) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi mengatakan Kapolri sudah memiliki temuan yang dapat disimpulkan untuk mengungkap kasus Novel Baswedan.

"Saya tidak berbicara masalah bulan kalau saya bilang secepatnya berarti harian," tegas Jokowi dikutip Untuk diketahui, penyidik KPK Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal pada 11 April 2017 lalu. Saat itu, Novel baru saja menunaikan shalat subuh di Masjid Al Ihsan, dekat rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Akibat penyiraman air keras ini, kedua mata Novel terluka parah.

Baca Lainnya

Pengamat Politik Dukung Rencana Menteri Tito Evaluasi Pilkada Langsung

Ristia Afifah

Jawaban Gibran Rakabuming Raka Soal Saran Ganjar Pranowo Terkait Pilkada Solo

Ristia Afifah

NTT Bangga Sudah Mulai Merdeka Sinyal

Ristia Afifah

Kominfo Klaim Ada 30 Kabar Hoaks Selama Rusuh 22 Mei

Ristia Afifah

Tiga Saksi Pastikan Ratna Sarumpaet Operasi Facelift di RS Khusus Bedah Bina Estetika

Ristia Afifah

Cocok Buat Update Status Sosmed Kumpulan Kata Bijak buat Peringati Hari Pahlawan 10 November

Ristia Afifah

Kawasan Papua yang Masuk Daftar Warisan Dunia Taman Nasional Lorentz Tampil di Google Doodle

Ristia Afifah

Wiranto Tak Mau Berandai Andai Kembali Menjadi Menteri Dalam Kabinet Jokowi Ma’ruf Amin

Ristia Afifah

Jatah Menteri Setelah Prabowo Bertemu Megawati, Dedi Mulyadi Yakin Jokowi Pilih Sesuai Keahliannya

Ristia Afifah

Jokowi & Ahok Teman Sejati Tanggapi Pengangkatan Ahok Jadi Bos BUMN Fadli Zon

Ristia Afifah

Anggota DPD yang Tampil Sederhana Saat Pelantikan Bukan Orang Sembarangan Siapa Angelo Wake Kako

Ristia Afifah

Pekanbaru Hujan Petir di Siang Hari Prakiraan Cuaca BMKG di 33 Kota Besok Minggu 24 November 2019

Ristia Afifah

Leave a Comment