32.4 C
Jakarta
Tuesday, Jul 7, 2020
Image default
Pendidikan

Prestasi Gemilang Rektor dan Dosen IPB University dalam Ajang Academic Leader Award 2019

Prestasi Gemilang Rektor dan Dosen IPB University dalam Ajang Academic Leader Award 2019! Salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan pada selasa malam, 1 Oktober 2019 menjadi malam bersejarah bagi keluarga besar IPB University. Pasalnya pada malam tersebut merupakan malam Anugerah Academic Leader Award 2019, merupakan malam penghargaan yang ditujukan kepada para rektor dan dosen yang berprestasi dibidangnya.

Pada malam yang bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila tersebut digelar oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti atau SDID Kemenristekdikti di Hotel Harris Vertu Harmon, Jakarta. Dalam puncak penghargaan tersebut terdapat 8 kategori bidang keilmuan yang pemenangnya merupakan para rektor dan dosen yang ikut berkontribusi dalam memajukan pendidikan tinggi di tanah air. Para pemenang tersebut telah berhasil menciptakan sebuah inovasi yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

8 kategori tersebut terdiri dari bidang keilmuan Seni Budaya, Sosial Humaniora, Kependidikan, Kemaritiman, Sains, Kesehatan, Teknologi, dan Pertanian. Semua finalis terpilih berdasarkan penilaian atas 4 kemampuan yang harus mereka miliki sebagai seorang pemimpin. Kemampuan yang menjadi penilaian tersebut diantaranya adalah pemimpin yang motivator (Encouraging), visioner (Visionary), inspiratif (Inspiring) dan unggul (Excellent).

Dengan kata lain, para kandidat harus memiliki visi dan misi ke depan dan hasil inovasi yang mereka ciptakan akan menjadi rujukan bagi orang lain. Disamping itu, para kandidat juga harus memiliki kemampuan manajemen yang baik sehingga bisa menghadirkan tata kelola yang bagus dan unggul baik dalam inovasi maupun dalam hal akademik.

Untuk kandidat yang terpilih dalam ajang penghargaan Academic Leader 2019 ini terbagi dalam 3 kategori, yaitu kategori dosen sebagai pemimpin akademik (Academic Leader),
kategori dosen dengan tugas tambahan, yaitu sebagai pimpinan perguruan tinggi, dan kategori LLDikti (Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi). Dalam Academic Leader Award 2019 tersebut terpilihlah seorang rektor dan 2 dua dosen IPB University yang berhasil meraih penghargaan, yaitu Prof. Dr. Slamet Budijanto MAgr, Dr Arif Satria dan Dr Illah Sailah.

Dalam bidang keilmuan kategori Teknologi, Prof. Dr. Slamet Budijanto MAgr berhasil meraih juara pertama. Sebagai Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian di IPB University ini berhasil menciptakan inovasi mengembangkan vehicle diversifikasi pangan yang bersumber pada pangan lokal dengan tujuan untuk menguatkan kedaulatan pangan.

Dan yang mendapatkan penghargaan dalam kategori dosen dengan tugas tambahan, yaitu sebagai pimpinan perguruan tinggi berhasil diraih oleh rektor IPB University Dr Arif Satria sebagai juara kedua dan menerima penghargaan tersebut secara langsung pada malam anugerah Academic Leader 2019 tersebut. Sedangkan dosen IPB University yang berhasil memenangkan juara kedua dalam kategori Pemimpin LLDikti (Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) adalah Dr Illah Sailah. Beliau merupakan dosen IPB University pada Departemen Teknologi Industri Pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Slamet Dr. Slamet Budijanto MAgr berkata bahwa malam anugerah tersebut merupakan bentuk penghargaan yang didedikasikan kepada para peneliti yang selalu istiqomah. Hal ini merupakan kunci suksesnya, yaitu selalu konsisten dalam melakukan inovasi secara terus menerus apapun kondisi yang dihadapinya.

Dalam sambutannya Dirjen SDID Prof Ali Ghufron Mukti menyampaikan bahwa dalam menghadapi era industri 4.0, para dosen ditantang tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja, tapi juga ikut mengembangkan, mensosialisasikan dan mentransformasikan ilmu tersebut bagi kemanfaatan masyarakat luas. Itu sebabnya para pemenang yang terpilih merupakan dosen yang penuh semangat dalam berkarya dan memiliki karakter yang penuh inspiratif, visioner serta excellent.

Baca Lainnya

Perempuan dan Pendidikan, Polemik Kesetaraan dan Ekonomi

Ristia Afifah

Dibangun Jayaboard Dua Taman Kanak-kanak di Boyolali Kini Punya Gedung Sekolah Ramah Anak

Ristia Afifah

Siswa Korban Banjir Tetap Punya Hak Belajar Muhadjir Effendy

Ristia Afifah

Pentingnya Metode Belajar yang Kreatif yang Membuat Pembelajaran Lebih Menarik & Disukai

Ristia Afifah

Syaiful Huda Minta Sekolah Tingkatkan Pengawasan Cegah Aksi Bullying

Ristia Afifah

Beda dengan 2018, Ini Syarat dan Panduan Pendaftaran TK, SD, SMP, SMA/SMK tahun 2019

Ristia Afifah

Perguruan Tinggi Hadapi Kesenjangan Antara Teori dengan Implementasi di Dunia Industri Praktisi IT

Ristia Afifah

Bergambar Lengkap Bahasa Indonesia & Inggris Belum Terlambat! 50 Ucapan Selamat Hari Ibu

Ristia Afifah

Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020

Ristia Afifah

Sarat Kata Baru & Emoticon Mengintip Perubahan Bahasa Indonesia di Era Digital

Ristia Afifah

Bentuk Jiwa Kepimpinan Siswa Melalui Ajang Alix Cup 2019

Ristia Afifah

UPDATE Sekdin 2019: Pelamar Sejumlah Instansi Membludak dan Ada yang Tetap Tak Dilirik

Ristia Afifah

Leave a Comment