30.2 C
Jakarta
Thursday, Jun 4, 2020
Image default
Kesehatan

Remaja Ini Tiba Tiba Tuli Setelah Tidur Dengan Earphone,Ternyata Ini Bahayanya

Pada era audio visual seperti ini,earphonetelah menjadi kebutuhan yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Banyak orang suka mendengarkanmusikmenggunakanearphonekarena terasa lebih bisa menikmatimusikyang sedang diputar. Tak terkecuali ketika sedangtidur, sebagian orang suka menggunakanearphonedan lupa melepaskannya hingga tertidur.

Ternyata hal itu tidak baik bagi kesehatan, dan ada konsekuensi serius jika sering melakukannya. Seperti dikutip dariToutiaopada Jumat (1/3/2019) direktur Departemen Otolaringologi di Tiongkok, Tian Hui, berbagi sebuah kasus medis serupa. Seorang remaja tertidur menggunakan earphone berakhir dengan tuli. Dia tiba tiba tidak bisa mendengar apapun hingga akhirnya harus dirawat di rumah sakit.

Menurut dokter, pria ini mengalami tuli mendadak, namun hal itu akan pulih dengan perlahan setelah melakukan perawatan. Tian Hui menjelaskan memakai earphone bisa menyebabkan kasus gangguan pendengaran. Salah satu penyebab utamanya adalah musik yang diputar dengan volume maksimal.

"Semakin keras musik yang diputar dengan earphone, akan semakin besar kemungkinan merusak sel rambut secara umum," jelas Tian Hui. Secara umum anak muda masih memiliki tingkat ketahanan dalam hal ini. Karena setiap mendengarkan musik selama 50 menit dan istirahat selama 10 menit itu tidak akan mempengaruhi Anda. Kecuali, jika volumenya keras itu akan menyebabkan efek tersendiri bagi telinga.

Adapun earphones seperti apa yang berbahaya? Tian Hui tidak menjelaskan spesifiknya namun hanya menjelaskan bahwa volume yang paling berbahaya. Meski demikian ia menyarankan agar memakai earphone yang memiliki bantalan yang bagus. "Tetapi harus lebih kecil, dan harus ada busa pada bantalan telinga untuk penyangga," terangnya.

Akibatnya, volume berlebih dapat tersebar, dan itu tidak akan berdampak pada sel sel rambut. Earphone dengan karetjuga merupakan pilihan yang baik. Selain itu, Tian Hui juga mengatakan jangan menggunakan earphone untuk tidur karena itu bisa memengaruhi sirkulasi darah melambat.

Ketika sel sel rambut terus distimulasi, darah tidak mengalir dengan tepat waktu. Jika Anda teruskan kebiasaan tersebut, telinga bisa menyebabkan tuli mendadak seperti yang dialami oleh pria ini.

Baca Lainnya

Kardiolog Harry Suryapranata Memperoleh Gelar Kehormatan di Belanda

Ristia Afifah

Ahli Harvard Memperkirakan Virus Corona Mungkin Sudah Masuk menuju Indonesia tapi Tak Terdeteksi

Ristia Afifah

Tetap Terhidrasi hingga Konsumsi Jahe Cara Mengatasi Vertigo Menggunakan Obat Rumahan

Ristia Afifah

Suara Orangtua Ardi & Ardan Bergetar Terharu Usai Operasi Pemisahan Anak Kembarnya Berhasil

Ristia Afifah

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Ristia Afifah

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh buat Hadapi Musim Hujan

Ristia Afifah

Baju Olahraga Suka Berbau Keringat Sehabis Dipakai? Simak 6 Tipsnya dari Pakar Kesehatan

Ristia Afifah

ThermiVa, Pendekatan Baru untuk Perawatan Organ Intim Wanita yang Sudah Menikah

Ristia Afifah

Cara Diet Alami Tanpa Ribet Menggunakan Sari Lemon

Ristia Afifah

Istri Ahok Disarankan Tak Menangis Usai Melahirkan Agar Luka Bekas Operasi Sesar Cepat Kering

Ristia Afifah

Sederet Manfaat Mengkonsumsi Daun Jambu Biji, Cegah Kanker hingga Kendalikan Diabetes

Ristia Afifah

Tim Dokter RSPI Sulianti Saroso Cermati Gejala Awal di Pasien Suspect Virus Corona

Ristia Afifah

Leave a Comment