Image default
Lifestyle

Resep Gulai Kurma Khas Padang, Cocok Dinkmati Saat Lebaran Bagi yang Tidak Suka Pedas

Inilah resep gulai kurma khas Padang. Bila umumnya masakan di Sumatera Barat bercitarasa pedas, beda halnya dengan gulai kurma. Walau ada kata kurma, resep gulai kurma ini sama sekali tidak memakai kurma sebagai bahan utama.

Gulai kurma bercitarasa gurih dengan paduan manis serta sedikit asin. Bagaimana cara membuat gulai kurma? Gulai korma bisa dimasak dengan ayam ataupun daging ditambah kentang.

Bumbu pelengkap lainnya seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kapulaga, serta kayu manis. Bumbu rempah untuk campuran gulai tersebut dihaluskan dan ditumis bersamaan dengan bawang merah dan bawang putih iris. Syafimar menjelaskan bahwa ia tidak tahu pasti kenapa namanya gulai ayam kurma.

Katanya, sudah dari dulu orang orang menyebut nama gulai ayam manis itu. "Saya tidak tahu kenapa namanya gulai ayam korma," jelasnya. Biasanya, kentang menjadi pendamping andalan untuk gulai ayam kurma.

Namun, tak hanya kentang, mie hun atau mie putih juga cocok dicampurkan ke dalamnya. "Gulai ini tidak terlalu menggunakan cabe, karena memang gulai ini manis dan sedikit asin. Santanlah yang menghasilkan rasa manis tersebut," lanjutnya. Saat bumbu halus ditumis dan dicampur santan harus selalu diaduk tanpa henti.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pecah santan saat dimasak. Gulai ayam korma dimasak menggunakan api sedang sekitar 30 menit. Gulai dengan warna putih tersebut biasanya disajikan saat acara tertentu saja.

"Saya tidak tahu pasti kenapa gulai itu tidak ada orang yang menjualnya. Tapi kalau di sini (Batusangkar) disajikan saat lebaran. Dan ada acara adat seperti Batimbang Tando (tunangan), kemudian pertemuan keluarga," jelasnya sambil memperlihatkan cara memasak gulai ayam korma. Syafimar menuturkan, saat memasak gulai ayam korma santan harus ditunggu hingga mendidih.

Setelah mendidih baru ayam bisa dimasukkan. "Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ayam hancur saat diaduk. Paling enak itu kalau ayam kampung, lebih manis sampai ketulang tulangnya," gelaknya. Saat lebaran biasanya Syafimar dan keluarganya membuat gulai ayam korma tersebut.

Karena gulai tersebut jarang dijumpai saat hari biasa, sehingga momen lebaran cocok untuk menyajikan masakan manis dan gurih tersebut. "Gulai itu cocok untuk cucu yang belum makan pedas. Lagian masih banyak juga sekitaran sini yang belum tau apa itu gulai ayam korma," tutup Syafimar beriringan dengan disajikannya gulai ayam korma. (*)

Baca Lainnya

Nikmati Berlibur Ke Las Vegas, Caranya Ikut Kegiatan True Wanderer 2019

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Senin 4 Maret 2019: Bisnis Capricorn Mengalir Lancar, Pisces Beruntung

Ristia Afifah

Gemini Sisihkan Rezeki buat Sedekah Ramalan Zodiak Kamis Taurus Jangan Egois 10 Oktober 2019

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Jumat 6 September 2019: Leo Temukan Cinta di Tempat Aneh

Ristia Afifah

Aries Marah Cancer Ragu Taurus Percaya Diri ZODIAK BESOK Ramalan Zodiak Jumat 22 November 2019

Ristia Afifah

Omelet Lipat Sayur, Menu Sarapan Ala Hotel Mewah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah Yuk, Ini Resepnya

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Kesehatan Besok Minggu 28 Juli 2019, Leo Jangan Paksakan Diet, Virgo Perlu Rileks

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Cinta Besok Kamis 12 September 2019, Gemini Dikepung Emosi, Virgo Sulit Percaya

Ristia Afifah

PDKT Gemini Berhasil Ramalan Zodiak Hari Ini 2 November 2019 – Libra Waspadai Musuh Tersembunyimu

Ristia Afifah

Jawabanmu Ungkap Orang Seperti Apa Sih Dirimu Tes Kepribadian – Temukan Perbedaan Dua Gambar Ini

Ristia Afifah

Lahir di Periode Transisi, 4 Zodiak Elemen Air Ini Punya Kombinasi Sifat yang Asyik dan Menyenangkan

Ristia Afifah

Aries Ingin Ketemu Orang Baru Hubungan Cancer Menguat Ramalan Zodiak Cinta Senin 20 Januari 2020

Ristia Afifah

Leave a Comment