30.2 C
Jakarta
Monday, Mar 30, 2020
Image default
Bisnis

Resmikan Bandara Raden Inten II, Jokowi Minta Buka Rute Internasional dalam Dua Pekan

Presiden RI Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandara Internasional Raden Inten II di Lampung, Jumat (8/3/2019). Usai menandatangani prasasti peresmian bandara Raden Inten II Lampung dan Bandara Silampari Lubuklinggau, Jokowi sempat meninjau terminal baru tersebut, mulai dari tempat pelayanan penumpang, ruang imigrasi hingga ruang tunggu penumpang. Jokowi mengatakan terminal bandara ini diperluas hingga tiga kali lipat dan akan diserahkan pengelolaannya ke Angkasa Pura II melalui kerja sama pemanfaatan (KSP).

Dengan perluasan itu, dia meminta agar maskapai penerbangan membuka rute internasional dalam waktu dua minggu ke depan. "Pertama di bandara Raden Inten II ini sudah perintahkan Menhub agar bandara ini paling lama 2 minggu ada penerbangan internasional," ujar Jokowi. "Ini bandara besar growth (pertumbuhan jumlah penumpang) tinggi. Serahkan saja ke AP II agar pengelolaanya lebih cepat sehingga (Kemenhub) bisa konsenterasi ke bandara lainnya," tambahnya.

Jokowi berharap pertumbuhan ekonomi di daerah Lampung dan sekitarnya semakin meningkat, terutama dari sektor pariwisata. "Kita harapkan tempat wisata di Lampung banyak sekali, bisnis investasi di Lampung banyak sekali akan mendukung percepatan pertumbuhan. Nanti kalau AP II bisa ekspansi lebih gede lagi," pungkasnya. Sebagai informasi, terminal baru Bandara Radin Inten II Lampungdibangun untuk meningkatkan kapasitas hampir tiga kali lebih besar dari luas sebelumnya 3.709 meter menjadi 9.434 meter persegi.

Diperkirakan, terminal baru ini mampu melayani penumpang sebanyak 3,7 juta per tahunnya. Bandara Radin Inten II mempunyai landas pacu sepanjang 2770 m x 45 m yang bisa melayani pesawat Boeing 737, dua taxway yang keduanya berukuran 123 m x 23 m serta apron berukuran 195 m x 80 m. Saat ini, Bandara Radin Inten II melayani total 34 penerbangan reguler dengan rata rata penumpang kurang lebih 7.500 penumpang per hari.

Terdapat 7 maskapai yang melayani penerbangan ke bandara ini, yaitu Garuda Indonesia dengan 9 kali penerbangan setiap harinya rute Lampung Jakarta (Soekarno Hatta) , Lampung Palembang dan Lampung Husein Sastranegara, Bandung. Wings Air dengan 6 kali penerbanganLampung Husein Sastranegara, Lampung Palembang, Lampung Bengkulu dan Lampung Jambi.

Baca Lainnya

146 Tabung Gas Disalurkan menuju Posko Dapur Umum Korban Banjir Jakarta

Ristia Afifah

Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 Jadi Rp 743.000 Per Gram

Ristia Afifah

BRI & Sarinah Ajak UMKM Go Global

Ristia Afifah

Pernah Gabung di Kontraktor Listrik Rekam Jejak Ahok di Pertambangan

Ristia Afifah

Ada Wamen Juga Deretan Bankir yang Bertitel ‘Bankers of The Year 2019’

Ristia Afifah

Hospitality Indonesia Dorong Peningkatan Transaksi Industri Furnitur

Ristia Afifah

Pengusaha Muda Dinilai Butuh Program yang Bersinergi

Ristia Afifah

DVD Tayo Ayo Berpetualang Baru Dilaunching Terjual 500.000 Keping

Ristia Afifah

Tujuh Rute Baru Dibuka Di Bandara Bandara AP II, Berikut Daftar Lengkapnya

Ristia Afifah

Harga Emas Antam Kembali Turun Rp 3.000 Per GraM Menjadi Rp 748.000

Ristia Afifah

Menteri Budi Targetkan Lima Pelabuhan Bebas Korupsi

Ristia Afifah

Wacana Penggabungan Produksi SKM dan SPM Dinilai Beratkan Industri Kecil

Ristia Afifah

Leave a Comment