30.4 C
Jakarta
Monday, Jan 20, 2020
Image default
Kesehatan

Sederet Manfaat Mengkonsumsi Daun Jambu Biji, Cegah Kanker hingga Kendalikan Diabetes

Sebagian besar orang tahu tentang buah jambu biji dan manfaat kesehatan yang dimilikinya. Tak hanya buahnya, daun jambu biji punya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun jambu biji memiliki khasiat obat dan menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Daun jambu biji mengandung antioksidan, antibakterim dan anti inflamasi. Daun jambu biji juga mengandung tanin yang berfungsi meredakan nyeri secara alami. Ketika diseduh untuk membuat teh, daun jambu biji akan melepaskan vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting untuk menjaga kesehatan.

Dikutip dari Style Craze , daun jambu biji mengandung beragam senyawa antara lain polifenol, flavonoid,karotenoid, dan tanin yang secara efektif dapat mengobati berbagai penyakit. Berikut 5 manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh: Manfaat daun biji untuk mengobati diare sepertinya sudah tak menajadi rahasia lagi.

Sejak dulu, daun jambu biji selain mengobati seseorang yang menderita DBD, juga bisa mengobati diare. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti berusaha untuk menguji sifat anti diare daun jambu biji. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ekstrak tersebut dapat menunda timbulnya diare yang disebabkan oleh minyak jarak.

Selain itu juga mengurangi frekuensi buang air besar, dan mengurangi keparahan diare. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau diatas nilai normal. Menurut penelitian yang dilakukan Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan mengurangi aktivitas enzim alpha glukosidease.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes tipe 2. Revathi Sundaramurthy, seorang dokter untuk iCliniq.com , mendukung penggunaan jambu biji untuk penderita diabetes.

"Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah, bahkan pasien diabetes dapat mengkonsumsi jambu biji, yang mencegah fluktuasi kadar insulin dan glukosa," katanya kepada Medical Daily. Kolesterol biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kadar lemak jenuh tinggi. Menurut United States Departement of Agriculture (USDA), mengkonsumsi daun jambu biji memiliki manfaat yang sama dengan buahnya, yaitu memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol.

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh nutrition and metabolism juga menjelaskan jika ekstrak pucuk daun jambu dapat menurunkan kolesterol. Ekstrak daun jambu biji memiliki sifat antikanker sangat kuat sehingga memiliki potensi untuk mengobati pasien kanker lambung. Sifat antikanker dan antitumoralnya berasal dari senyawa seperti likopen, kuersetin, dan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh..

Baca Lainnya

Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah 5 Manfaat Santan Kelapa buat Kesehatan Tubuh

Ristia Afifah

Remaja Ini Tiba Tiba Tuli Setelah Tidur Dengan Earphone,Ternyata Ini Bahayanya

Ristia Afifah

Bagaimana Cara Mengatasinya Apa Gejalanya Apa Itu Penyakit Autoimun

Ristia Afifah

Terapkan Rumus 20-20-20 Hati-hati Mata Kelelahan

Ristia Afifah

Anti Kanker Hingga Diet Minuman yang Ashanty Wajibkan Diminum Aurel Hermansyah 6 Manfaat Saffron

Ristia Afifah

Anak Anda Jatuh Dari Tempat Tidur? Waspada Tanda Tanda Ini Perlu Tindakan Medis

Ristia Afifah

Manny Pacquiao Minum Jamu Tradisional Indonesia Ternyata! Saat Kelelahan

Ristia Afifah

Kebanyakan Makan Pisang Bisa Picu Masalah Kesehatan

Ristia Afifah

Viral Ini Kata Dokter Mata Anak Keluar Cairan Mirip Darah & Nanah Akibat Radiasi HP POPULER

Ristia Afifah

Sebagian Orang Percaya Ketindihan Ulah Makhluk Halus, Bagaimana Menurut Pandangan Medis?

Ristia Afifah

Hilangkan Citra Buruk Gangguan Jiwa, Sejumlah Dokter Resmikan Komunitas Sahitya

Ristia Afifah

Beberapa Faktor yang Bikin Tidur Anda Tak Berkualitas

Ristia Afifah

Leave a Comment