31.2 C
Jakarta
Friday, Aug 14, 2020
Image default
Otomotif

Suzuki Ertiga Ada Varian Teknologi Smart Hybrid, Siap Dipasarkan di Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mengambil ancang ancang untuk ikut dalam percepatan industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Salah satunya dengan memperlihatkan All New Ertiga berteknologi Smart Hybrid pada pameran kendaraan listrik Sabtu (31/8/2019) lalu. Model ini tidak ditemukan di Tanah Air namun hadir di India sebagai salah satu varian Ertiga yang ditawarkan di sana.

Lantas apa itu teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS)? Menurut Head of 4W Product Development PT SIS, Yulius Purwanto, teknologi ini sudah pernah hadir melalui produk Ertiga Diesel Hybrid beberapa tahun lalu. Namun kali ini teknologi dibuat lebih baik yakni dengan penggunaan baterai lithium yang diletakkan di bawah kursi penumpang baris pertama.

“Ini tidak berbeda jauh dengan teknologi pada Ertiga Diesel Hybrid hanya saja kali ini baterai lithium sudah menggantikan aki yang dulu digunakan,” ucap Yulius yang ditemu di sela pameran. SHVS tidak seperti sistem hybrid biasa yang menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda. Sistem hybrid disini menyimpan listrik untuk membantu kerja aki ke generator yang disebut Suzuki Integrated starter generator (ISG). Di sini generator berfungsi untuk membantu kerja mesin mulai dari menjalankan fitur idle start stop hingga menambah torsi mesin melalui fitur torque accelerator.

Baterai juga akan terisi melalui pengereman kendaraan dan juga membantu kerja aki dengan menjadi sumber listrik untuk audio dan lainnya. Perbedaan dengan varian Ertiga Hybrid terdahulu adalah saat ini Suzuki menempatkan teknologi hybrid pada mesin K15B bensin dan sudah menggunakan transmisi otomatis. Lantas kapan akan ditawarkan oleh Suzuki di Indonesia? Pihak Suzuki masih menutup rapat akan rencana tersebut.

Salah satu pertimbangan mengapa varian ini belum ditawarkan adalah untuk menunggu penerapan peraturan kendaraan listrik yang baru saja meluncur. Apakah artinya masyarakat Tanah Air masih harus menunggu cukup lama untuk merasakan teknologi ini? Kita lihat saja bagaimana langkah Suzuki selanjutnya.

Baca Lainnya

Catat Dulu Biaya Rentalnya di Sini Niat Liburan Naik Toyota Alphard

Ristia Afifah

Hyundai Gelar Start-up Challenge buat Membantu Memecahkan Masalah Sosial pada 2024

Ristia Afifah

Penjualan Kendaraan Niaga Melemah, Pembiayaan Baru Adira Finance Mencapai Rp 19,1 Triliun

Ristia Afifah

Ajang Motocamp Bikers Menghentak Medan Akhir Pekan Ini Suryanation Ridescape

Ristia Afifah

Small Crossover Hyundai Venue Flux Mendebut dengan Gril Depan Gagah Pesaing Renault Climber Nih

Ristia Afifah

Honda Astrea Grand Ini Dikawinkan dengan Yamaha NMAX Jadi Grand Max Kreativitas Tanpa Batas

Ristia Afifah

Suzuki Ignis Facelift Kini Mendarat di Indonesia Setelah India

Ristia Afifah

Ada Tawaran Bunga Nol Persen Buat Pembelian Xpander Dan Pajero Sport Di Pameran Srikandi Fair

Ristia Afifah

Selain Mobil dan Motor Terbaru, Produk Maritim Juga Bakal Tampil di IIMS 2019

Ristia Afifah

Redupnya Pamor Datsun yang Kalah Bersaing dengan Mobil Murah 7 Penumpang

Ristia Afifah

Suzuki Jimny Generasi Baru sudah Bersileweran di Situs Jual Beli Mobkas

Ristia Afifah

BMW Astra Team Beri Pengalaman Peserta Joyfest Merasakan Mobil balap di Sirkuit

Ristia Afifah

Leave a Comment