32.9 C
Jakarta
Tuesday, Oct 15, 2019
Image default
Otomotif

Suzuki Ertiga Ada Varian Teknologi Smart Hybrid, Siap Dipasarkan di Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mengambil ancang ancang untuk ikut dalam percepatan industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Salah satunya dengan memperlihatkan All New Ertiga berteknologi Smart Hybrid pada pameran kendaraan listrik Sabtu (31/8/2019) lalu. Model ini tidak ditemukan di Tanah Air namun hadir di India sebagai salah satu varian Ertiga yang ditawarkan di sana.

Lantas apa itu teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS)? Menurut Head of 4W Product Development PT SIS, Yulius Purwanto, teknologi ini sudah pernah hadir melalui produk Ertiga Diesel Hybrid beberapa tahun lalu. Namun kali ini teknologi dibuat lebih baik yakni dengan penggunaan baterai lithium yang diletakkan di bawah kursi penumpang baris pertama.

“Ini tidak berbeda jauh dengan teknologi pada Ertiga Diesel Hybrid hanya saja kali ini baterai lithium sudah menggantikan aki yang dulu digunakan,” ucap Yulius yang ditemu di sela pameran. SHVS tidak seperti sistem hybrid biasa yang menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda. Sistem hybrid disini menyimpan listrik untuk membantu kerja aki ke generator yang disebut Suzuki Integrated starter generator (ISG). Di sini generator berfungsi untuk membantu kerja mesin mulai dari menjalankan fitur idle start stop hingga menambah torsi mesin melalui fitur torque accelerator.

Baterai juga akan terisi melalui pengereman kendaraan dan juga membantu kerja aki dengan menjadi sumber listrik untuk audio dan lainnya. Perbedaan dengan varian Ertiga Hybrid terdahulu adalah saat ini Suzuki menempatkan teknologi hybrid pada mesin K15B bensin dan sudah menggunakan transmisi otomatis. Lantas kapan akan ditawarkan oleh Suzuki di Indonesia? Pihak Suzuki masih menutup rapat akan rencana tersebut.

Salah satu pertimbangan mengapa varian ini belum ditawarkan adalah untuk menunggu penerapan peraturan kendaraan listrik yang baru saja meluncur. Apakah artinya masyarakat Tanah Air masih harus menunggu cukup lama untuk merasakan teknologi ini? Kita lihat saja bagaimana langkah Suzuki selanjutnya.

Baca Lainnya

Hino Tak Tampilkan Produk Baru di GIIAS, Tapi Siap Pajang Dutro Hybrid dari Jepang

Ristia Afifah

Mendalami Dunia Kopi Bareng Komunitas Toyota Yaris Club Indonesia

Ristia Afifah

Suzuki Belum Bisa Pastikan Kerjasama dengan Toyota Soal Mobil Model Baru

Ristia Afifah

Selain Mobil dan Motor Terbaru, Produk Maritim Juga Bakal Tampil di IIMS 2019

Ristia Afifah

Mitsubishi Siap Kirim Eclipse Cross ke Konsumen Mulai September

Ristia Afifah

Tekan Harga Jual dan Fokus Jualan Online, Bos Tesla Elon Musk Tutup Dealer

Ristia Afifah

Harga Terbaru Motor Honda Matic 2019 Bulan Juli, Dibandingkan Yamaha, Kymco, Vespa Piaggio, Benelli

Ristia Afifah

Arai Indonesia Sponsori Pegokart Muda Kanaka Azarel Gusasi

Ristia Afifah

Terkuak! Modus Ban Sering Kempes, Ini Jawaban Tukang Tambal Ban yang Jujur

Ristia Afifah

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Ristia Afifah

Sekali Ngecas, DFSK Glory E3 Diklaim Sanggup Lari Sejauh 400 Km

Ristia Afifah

Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Berbagi ke Sesama Lewat We Care We Share

Ristia Afifah

Leave a Comment