27 C
Jakarta
Friday, Jan 24, 2020
Image default
Metropolitan

Tak Gunakan Seatbelt Jadi Pelanggaran Terbanyak Tilang Elektronik

Sejak diberlakukan mulai 1 Juli 2019 kemarin, sudah ribuan pengendara mobil terciduk kamera tilang elektronik atau electronic traffict law enforcement ( ETLE). Kamera tersebut disebar di 10 titik pantau sekitar Thamrin Sudirman, Jakarta. Berdasarkan laporan Ditlantas Polda Metro Jaya, pelanggar terbanyak adalah pengguna mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Dari 1.440 pelanggar (1 Juli sampai 7 Juli 2019), 824 pelanggar tidak mengenakan sabuk pengaman saat berkendara. "Sedangkan pelanggaran marka jalan sebanyak 306 pelanggar, ganjil genap sebanyak 252 pelanggar, sedangkan pengendara yang bermain telepon genggam (HP) ketika mengemudi terpantau sebanyak 58 pelanggar," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir saat dihubungi, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Pelanggar yang tidak mengenakan sabuk pengaman pun terus bertambah, lanjut Nasir. Berdasarkan data terbaru (8 Juni 2019), dilaporkan sudah ada 76 pengendara mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Sedangkan pelanggar ganjil genap sebanyak 67 pengendara, dan pelanggaran karena menggunakan HP sebanyak 12 pelanggar. Pelanggaran pelanggaran itu terpantau di jembatan penyeberangan orang (JPO) depan Kementerian Pariwisata, Simpang Bundaran Patung Kuda, dan Simpang Sarinah arah HI. Pelanggaran juga terjadi di Simpang Sarinah arah Monas, JPO Plaza Gajah Mada, Flyover Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kasablanka arah Semanggi, JLNT Kasablanka arah HI, JPO Kemenpan, JPO Ratu Plaza, dan JPO Hotel Sultan.

Mobil yang ditilang adalah berpelat B. Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan Kakorlantas agar bisa menindak kendaraan diluar pelat B yang berada di Jakarta. Sedang proses," jelas Nasir. Sabuk pengaman sendiri merupakan fitur standar pada tiap produk roda empat yang harus dikenakan saat digunakan. Penggunaannya juga sudah diatur dalama Undang undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) tepatnya pada pasal 106 ayat 6. Pada aturan tersebut tertulis bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.

Bagi pengemudi yang tidak mentaatinya akan diberikan sanksi pidana, sebagaimana tertuang pada pasal 289 di Undang undang yang sama. Yaitu, pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 250.000.

Baca Lainnya

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Sebut LRT Jakarta Proyek Gagal

Ristia Afifah

Di DKI Jakarta, Jokowi Ma’ruf Unggul Di 4 Wilayah Ini

Ristia Afifah

Zuhri Malah Kena Bacok Berniat Selamatkan Seseorang saat Tawuran Terjadi

Ristia Afifah

Rio Pulang Bugil & Mengalami Hal Mengerikan Janjian Dengan Cewek Idaman di TPU Prumpung

Ristia Afifah

Kepadatan Kendaraan Pemudik Mulai Terlihat di GT Cikampek sampai Cibitung

Ristia Afifah

Ketua DPRD DKI Tolak Kebijakan Pemprov yang Menebangi Pohon Tua

Ristia Afifah

Terinspirasi John Wick Enjoy Preman Pondok Aren Aniaya Pengendara Mobil Pakai Pulpen

Ristia Afifah

Dua Kelurahan di Cipayung Alami Kelangkaan Air Bersih

Ristia Afifah

Ditjen PAS Akan Beri Perlakuan Khusus kepada Napi yang Positif Hepatitis C

Ristia Afifah

Badan Pajak DKI di RAPBD Jakarta 2020 Disorot DPRD 9 Miliar Nilai Fantastis 1 Set Komputer Rp 128

Ristia Afifah

Komite Seni Budaya Nusantara & Teater Wayang Indonesia Gelar Wayang Orang Srikandi Mustokoweni

Ristia Afifah

Jenazah Remaja di Tangerang Teridentifikasi, Polisi Pastikan Tak Ada Bekas Kekerasan Seksual

Ristia Afifah

Leave a Comment