27.9 C
Jakarta
Wednesday, Jun 3, 2020
Image default
Lifestyle

Tetaplah di Rumah Orang Tampak Sehat Tanpa Gejala Berpeluang Tularkan Covid-19 Lebih Masif

Ada saja anak muda atau generasi milenial yang cuek atau abai terhadap imbauan Pemerintah untuk mengurangi aktivitas mereka di luar rumah sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran virus corona (Covid 19). Mereka tetap keluyuran dan beraktivitas seperti biasa. Misalnya kongkow di kafe. Alasannyasederhana. Mereka merasa sehat dan tak menunjukkan gejala apapun.

Walau selama ini dianggap lebih tahan terhadap infeksivirus coronaatauCOVID 19, namun mereka menyimpan bahaya sendiri. Pada anak muda, infeksi ini bisa terjadi tanpa gejala. "Bisa terkena dan tanpa gejala," kata Juru Bicara PenangananCOVID 19di Indonesia, Achmad Yurianto, seperti dikutip dari Kompas.com (25/02/20)

Menurut Yuri, inilah yang menjadi salah faktor cepatnya penyebaranvirus coronadi Indonesia, karena orang yang sehat itu sebenarnya sudah terkena tapi tanpa gejala, tapi tidak melakukanisolasi diri. "Masalah ini menjadi hal yang mendasar sehingga sebarannya semakin cepat," Yuri menekankan. Apabila ini anak muda yang kelihatannya "sehat" itu menularkan kekeluargayang usianya lebih tua dan rawan, ini akan menjadi permasalahan yang serius buat keluarganya, dan mungkin lingkungannya, seperti tetangga yang sering berinteraksi.

Oleh sebab itu, Yuri, mengingatkan, meskipun masih merasa muda dan kuat, tetap harus memerhatikan bahwa diri sendiri bisa menjadi sumber penyebaranvirus coronadi dalam keluarga. "Patuhi betul untuk kemudian semaksimal mungkin tidak keluar dari rumah. Ini yang menjadi penting terkait pencegahan," tekan Yuri. Yang disebut milenial (dikenal sebagai Generasi Y, Gen Y atau Generasi Langgas) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen X).

Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980 an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990 an hingga awal 2000 an sebagai akhir kelahiran. Apa yang dikatakan Yuri sejalan dengan penemuan sebuah clustervirus corona Massachusetts dengan setidaknya 82 kasus dimulai oleh orang yang belum menunjukkan gejala. Kemudian, lebih dari setengah lusin penelitian telah menunjukkan bahwa orang tanpa gejala menyebabkan sejumlah besar infeksi, seperti diberitakan New York Post, (21/02/20).

Situs web untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) membenarkan,"Beberapa penyebaran mungkin terjadi sebelum orang menunjukkan gejala." "Ada laporan tentang hal ini terjadi dengan cara penyebaran baru virus corona," menurut situs web (19/03/30). Beberapa ahli yang diwawancarai oleh CNN (19/03/20) mengatakan sementara itu tidak jelas berapa persen dari penularan dalam wabah dipicu oleh orang orang yang jelas sakit dibandingkan mereka yang tidak memiliki gejala atau gejala yang sangat ringan.

"Kita sekarang tahu bahwa penularan asimptomatik kemungkinan [memainkan] peran penting dalam menyebarkan virus ini," kata Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di University of Minnesota. Dalam sebuah artikel dua minggu lalu diNew England Journal of Medicine,Bill Gates, ketua bersama Bill dan Melinda Gates Foundation, menyatakan keprihatinan tentang penyebaran penyakit oleh orang orang yang belum mengembangkan gejala, atau yang hanya sedikit sakit. "Ada juga bukti kuat bahwa itu dapat ditularkan oleh orang orang yang hanya sakit ringan atau bahkan tanpa gejala.

Itu berarti Covid 19 akan jauh lebih sulit untuk ditahan daripada sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) atau sindrom pernapasan akut yang parah (SARS), yang penyebarannya jauh lebih efisien dan hanya oleh orang yang bergejala," tulisnya. "Penularan asimptomatik dan simptomatik ringan merupakan faktor utama penularan Covid 19," kata Dr. William Schaffner, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt dan penasihat lama untuk CDC. "Mereka akan menjadi pendorong penyebaran di komunitas." Schaffnermendesak pejabat publik untuk lebih jelas tentang cara penyebaran virus.

Baca Lainnya

ZODIAK BESOK Ramalan Zodiak Besok Minggu 8 September 2019 Cancer Dapat Diandalkan, Virgo Muak

Ristia Afifah

Leo Butuh Diskusi Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Scorpio Selesaikan Masalah Kamis 30 Januari 2020

Ristia Afifah

Virgo Jangan Berdebat Ramalan Zodiak Cinta Besok Sagittarius Bersabarlah Jumat 21 Februari 2020

Ristia Afifah

Peragaan Busana Muslim Karya Sejumlah Desainer Indonesia di Muffest 2020 FOTO

Ristia Afifah

Taurus wajib Bisa Mengalah Aries Jadi Pusat Perhatian Ramalan Zodiak Senin 25 November 2019

Ristia Afifah

Anak-anaknya Berprestasi Foto-foto Cantik Fitri Handari Istri Calon Kapolri Idham Azis yang Menawan

Ristia Afifah

Tes Kepribadian Pilih Salah Satu! Pohon Yang Kamu Pilih Dapat Cerminkan Karaktermu!

Ristia Afifah

Begini Cara Membuatnya! Minum Ramuan Susu Dicampur Bawang Putih Atasi Kolesterol & Seksual

Ristia Afifah

Pilih Satu & Ketahui Kondisi Mentalmu TES KEPRIBADIAN Gambar Wajah Pria Tua atau Wajah Wanita

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Cinta Besok Kamis 12 September 2019, Gemini Dikepung Emosi, Virgo Sulit Percaya

Ristia Afifah

Momen Hari Olahraga Nasional, Ini 4 Cara Jitu Sehat ala Nakama di Tengah Dinamika Perusahaan Startup

Ristia Afifah

Cari Baju yang Gombrong, Yuk Lirik Baju Oversized dengan Teknik Pigment Dye dari UNTOLD

Ristia Afifah

Leave a Comment