26.7 C
Jakarta
Friday, May 29, 2020
Image default
Sains

Tiga Peneliti Terpilih IRN Diajak Scientific Tour menuju Singapura

Tiga mahasiswa S1 mendapatkan bantuan dana penelitian dari program IRN (Indofood Riset Nugraha). Ketiga peneliti ini terpilih dari periode IRN 2018 2019 dan berhak mengikuti Scientific Tour ke Singapura pada 11 13 Desember 2019. Mereka adalah Mariska Pricilla (Universitas Surya, Banten), Fahrurrozi Asbirin (Institut Pertanian Bogor) dan Sayyidul Fath (Universitas Syiah Kuala, Aceh). Ketiga terpilih dari 58 penelitian lain dalam program ini. Selama tiga hari, para mahasiswa mengunjungi dua fasilitas laboratorium kelas dunia serta beberapa lokasi wisata scientific lainnya di Singapura.

Beberapa laboratorium dan lokasi sains yang dikunjungi antara lain Firmenich Facilities yang merupakan perusahaan terbesar di dunia dalam bisnis aroma dan rasa. Selain itu mereka juga mengunjungi BASF Laboratorium yang memiliki teknologi canggih dengan fokus pada riset dan pengolahan bahan kimia untuk industri kesehatan dan nutrisi. "Banyak pengalaman serta ilmu yang kami dapat selama perjalanan ini sehingga membuka wawasan kami tentang perkembangan riset dan teknologi khususnya di teknologi pangan," ujar Sayyidul Fath dari Universitas Syiah Kuala.

Selain mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Indofood selaku penyelenggara program IRN dan juga Tim Pakar IRN, dirinya juga berharap program ini dapat berlanjut terus setiap tahunnya. "Kami juga berharap agar pengalaman ini dapat memotivasi mahasiswa lain untuk bergabung dalam program ini sehingga dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi dan dapat menciptakan peneliti unggul lainnya,” ujar Sayyidul. Program IRN merupakan program Corporate Social Responsibility Indofood pilar Building Human Capital dan menjadi program pemberian bantuan dana riset kepada mahasiswa S1 yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat menyelesaian pendidikannya.

Program IRN telah menerima sekitar 5.000 proposal dan mendanai lebih dari 750 penelitian mahasiswa. Program Scientific Tour ini diberikan sebagai apresiasi terhadap peneliti peneliti muda yang mengikuti program IRN. “Melalui kunjungan ini diharapkan para peneliti terpilih bisa mendapatkan wawasan industrial yang lebih luas lagi terkait riset dan teknologi khususnya pengolahan bahan kimia dan rasa," ujar Stefanus Indrayana (Head of Corporate Communications Divisions Indofood).

Indrayana berharap melalui Program IRN akan bermunculan riset riset unggul dari mahasiswa dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia, daya saing bangsa serta pada akhirnya dapat mendukung ketahanan pangan nasional. Berita ini tayang di Kompas dengan judul:

Baca Lainnya

Menyebabkan Diabetes hingga Lupus Mengenali Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty

Ristia Afifah

2 Gempa Bumi Terjadi di Wilayah Laut Jawa dan Terasa Hingga ke Lombok Kemarin, Ini Penjelasan BMKG

Ristia Afifah

Kabar Terkini ‘Titanic’, Kapal Legendaris yang Habis Dimakan Bakteri Laut

Ristia Afifah

Mudah Dijumpai di Indonesia, Siapa Sangka Bunga Jepun Oleander Menyimpan Racun Mematikan

Ristia Afifah

Waspadai Gejala Psikopatik ini pada Anak-anak Remaja Bunuh Bocah 5 Tahun dengan Cara Sadis

Ristia Afifah

Pesawat Supersonic Concorde Terbang Perdana Hari ini dalam Sejarah 21 Jan 1976

Ristia Afifah

Ini Tata Cara Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf Gerhana Bulan Penumbra Terjadi 11 Januari

Ristia Afifah

Insiden di Tol Cipali Renggut 12 Korban Jiwa, Ini Daftar Kecelakaan Dahsyat di Dunia

Ristia Afifah

Jadi Istri Tunggal, Jennifer Dunn Kini Pede Pamer Kemesraan Bareng Faisal Harris: Luar Biasa !

Ristia Afifah

Iklim & Pengeboran Minyak Bumi Jadi Penyebab Kasus Kanibalisme Antar Beruang Kutub Meningkat

Ristia Afifah

Udang Air Tawar Mencegah Serangan Schictosomiasis Terhadap Manusia

Ristia Afifah

Studi Ungkap Polusi Udara Lebih Banyak Cabut Nyawa Manusia daripada Rokok

Ristia Afifah

Leave a Comment