30.4 C
Jakarta
Monday, Jan 20, 2020
Image default
Otomotif

Toyota Uji Kendaraan Berteknologi Elektrifikasi Melalui 5 Continents Drive di Indonesia

Iklim dunia otomotif nasional tengah menyambut era mobil listrik sebagai bagian dari revolusi Industri 4.0. Banyak yang beranggapan masuknya era tersebut sebagai salah satu solusi untuk menekan angka konsumsi bahan bakar minyak. Berdasarkan data BP Global Company 2019, sejak 2004 sampai 2018, angka konsumsi minyak Indonesia lebih tinggi dibandingkan jumlah produksinya. Menyikapi hal tersebut, melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi, pemerintah berkomitmen untuk mendorong pengembangan industri mobil listrik di dalam negeri.

Bukan hanya pemerintah yang begitu berkomitmen untuk mengedepankan penggunaan mobil listrik, swasta dan agen pemegang merek (APM), seperti Toyota juga melakukan hal yang sama. Bentuk nyata Toyota dalam mengurangi konsumsi bahan bakar minyak melalui penerapan teknologi eletrifikasi seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Secara umum, mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaganya, yaitu listrik dan bahan bakar minyak.

Jika dibahas lebih spesifik, teknologi hybrid Toyota di Indonesia memiliki dua kategori, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Ternyata ada sedikit perbedaan antara HEV dan PHEV. Kendaraan roda empat yang menerapkan teknologi PHEV lebih dominan menggunakan tenaga listik dibandingkan dengan bahan bakar minyak. Pasalnya mobil dengan teknologi PHEV memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar dan Anda bisa mengisi daya dengan menggunakan listrik rumah.

Sementara itu, untuk mobil HEV, Anda tidak perlu melakukan pengisian baterai dari listrik rumah. Hal tersebut terjadi karena baterai pada kendaraan tersebut dapat terisi secara otomatis saat berkendara. Salah satu kendaraan HEV yang cukup mencuri perhatian adalah Toyota Camry HEV. Di seri terbarunya, tenaga baterai pada Camry HEV didapatkan dari energi energi yang dulunya tidak terpakai, seperti pengereman. Tak hanya itu, perpindahan energi dari motor listrik ke mesin atau sebaliknya di Camry HEV, tergolong sangat baik. Bahkan, saat terjebak macet, teknologi HEV akan sangat membantu Anda dalam mengurangi konsumsi bahan bakar minyak. Pasalnya mobil akan lebih banyak dipacu dengan menggunakan motor listrik.

Baru baru ini, Toyota telah menguji kedua teknologi tersebut di 5 Continents Drive Indonesia yang berlangsung pada 12 – 15 November 2019 lalu. Toyota 5 Continents Drive merupakan program yang memegang teguh semangat Genchi Genbutsu bertujuan agar karyawan dapat belajar dan mendengar secara langsung dari ekosistem Toyota, seperti konsumen, manufaktur, distributor, dealer, dan komunitas di seluruh belahan dunia. Langkah tersebut dilakukan Toyota untuk membuat “ever better cars” bersama bagi masa kini dan masa depan.

Saat Toyota 5 Continents Drive di Indonesia, tim menggunakan semua mobil yang mewakili cluster produk global Toyota, serta menerjunkan 4 kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari Camry HEV, Corolla Altis HEV, C HR HEV, dan Prius PHEV untuk menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Jawa Timur. Saat melintasi medan di Gunung Bromo, ketangkasan mobil Toyota HEV dan PHEV begitu diuji. Sebab, mobil tersebut harus melewati berbagai rintangan, seperti tanjakan serta turunan curam, tikungan tajam, aspal rusak, dan lainnya. Dalam menaklukkan tantangan tersebut, seluruh mobil listrik Toyota tidak mengalami kendala apapun. Hal tersebut disebabkan karena motor bakar konvensional dan motor listrik yang diatur oleh Hybrid Synergy Drive (HSD) mampu memberikan output tenaga sesuai yang dibutuhkan oleh pengemudi.

Dalam pengujian tersebut, Camry, Corolla Altis, dan Prius harus bersabar saat melewati jalan rusak dan sempit, namun tidak sampai menyurutkan langkah untuk mendaki.

Baca Lainnya

Organda Protes Larangan Bus & Truk melalui Jalan Tol Layang Cikampek

Ristia Afifah

Mitsubishi dari Berani ‘Pamer’ Xpander Cross di Sosial Media

Ristia Afifah

Mendalami Dunia Kopi Bareng Komunitas Toyota Yaris Club Indonesia

Ristia Afifah

Begini Kesan Dari Konsumen Pertama Pemilik Honda CB650R yang Berkonsep Neo Sport Cafe

Ristia Afifah

IIMS Motobike Expo 2019 Berhasil Menorehkan Catatan Positif

Ristia Afifah

Suzuki Jimny Generasi Baru sudah Bersileweran di Situs Jual Beli Mobkas

Ristia Afifah

IIMS 2019 Akan Tampilkan Truk Raksasa di Medan Tambang Sampai Kapal Layar

Ristia Afifah

iCar Asia capai Titik Impas EBITDA Sebulan Lebih Cepat Tuntaskan Akuisisi Carmudi

Ristia Afifah

Predikat Best Low SUV dan Most Tested Car untuk Glory 560

Ristia Afifah

Masalah Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia

Ristia Afifah

Ketahui Sanksi Tabrak Orang Lain Hingga Luka atau Renggut Korban Jiwa

Ristia Afifah

Pacu Mobil dengan Kecepatan Tinggi di Jalan Sempit hingga Tengah Hutan Mengenal Balap Mobil Rally

Ristia Afifah

Leave a Comment