32.3 C
Jakarta
Wednesday, Dec 11, 2019
Image default
Internasional

Ular Piton Telan Seekor Kucing Seberat 3 Kg Bulat Bulat, Polisi Sampai Turun Tangan

Ular piton sepanjang lima meter menelan bulat bulat seekor kucing seberat tiga kilogram. Pemilik kucing pun histeris dan memanggil polisi. Peristiwa itu terjadi di Pathum Thani, .

Dilansir dari Viral Press via SUAR dalam artikel 'Seorang Wanita Syok Bukan Main saat Tahu Bobo Sudah Tewas Dimakan Piton 5 Meter', detik detik menelan bulat bulat seberat 3 Kg itu terjadi diPathum Thani, . Hal ini berawal saat seorang wanita bernamaSaowarak Charoen (59) melihat tersebut meringkuk di bawah wastafel dapur rumahnya. Wanita itupun ketakutan danmemanggil polisi.

Dua polisi, tiga regu penyelamat hewan dan seorang reporter tiba beberapa saat kemudian dan menyeret ular itu keluar. Orang orang itu kemudian bergerak dan memutarularpiton itu untuk memaksanya memuntahkan yang ditelannya. Wanita itu berkata, "Saya pergi ke dapur melihat lemari di bawah wastafel terbuka."

"Ada ekor yang terlihat dan kupikir ituularkecil, namun karena takut, saya berlari keluar dan memanggil polisi." "Ketika mereka tiba mereka mengatakan ituularyang sangat besar." Ularpiton tersebut diukur dan panjangnya lebih dari lima meter.

Mereka kemudian melepaskanularitu kembali ke alam liar. Sebelumnya, kasus serupa yang tak kalah menghebohkan terjadi saatular sanca raksasa menelan buaya bulat bulat hingga menjadi berita viral Martin Muller secara tidak sengaja mendapati pemandangan menakjubkan itu ketika sedang bermain kayaking di rawa rawa Gunung Isa, Queensland, Australia.

Bukannya ketakutan melihat seekor ular raksasa bergulat dengan buaya, dia malah mengambil foto fotonya yang kemudian dibagikan di akun Facebook GG Wildlife Rescue Inc. Berkat foto foto Muller inilah, kita akhirnya bisa melihat penampakan langka seekor ular raksasa menelan buaya. Dilansir dari IFLScience, Rabu (19/6/2019); ular raksasa itu adalah seekor sanca olive (Liasis olivaceus).

Sebagai ular kedua terbesar di Australia setelah sanca permata, hewan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang empat meter. Dengan ukurannya yang besar itu, sanca olive memang diketahui bisa memakan reptil raksasa,seperti biawak dan buaya, meski mayoritas dietnya terdiri dari burung, kelelawar dan tikus. Akan tetapi, mangsa yang ditargetnya dalam foto ini juga tidak main main.

Buaya Johnstone (Crocodylus Johnstoni) rata rata memiliki panjang 1,5 meter. Reptil ini juga dilengkapi gigi tajam yang jika menggigit manusia, bisa menyebabkan luka serius yang butuh waktu berbulan bulan untuk disembuhkan. Namun, sanca olive memiliki metode khusus yang membuatnya bisa menelan mangsa sebesar ini bulat bulat.

Ia memiliki dua rahang bawah yang bisa bergerak bebas untuk menyediakan ruang bagi mangsa yang besar. Ketika mangsa sudah berada di dalam rahang, ular ini kemudian akan melakukan gerakan “pterygoid walk”, di mana ular “menjalankan” kepalanya untuk melahap mangsa. Setelah sepenuhnya tertelan, proses yang paling melelahkan pun dimulai.

Untuk mangsa sebesar buaya ini, ular mungkin butuh waktu beberapa bulan untuk mencerna seluruh tulang, daging dan organnya. Sementara itu, sisik dan gigi buaya yang mengandung keratin dan enamel akan dikeluarkan melalui kotoran. Berikut adalah foto foto yang diambil Muller untuk mengabadikan momen tersebut:

Berkaca dari dua kasus di atas,fenomena ular menelan bulat bulat mangsanya yang berukuran besar mungkin menimbulkan tanda tanya, bagaimana bisa hal itu terjadi? Seorang pakar pernah membeberkan sejumlah fakta tentang ular sanca pada saat kasus ular sanca menelan manusia Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Jasad Perempuan di Perut Ular, Bagaimana Sanca Menelan Utuh Manusia?',Herna Hadi Prasetyo dari lembaga penanganan ular Sioux Indonesia pernah menyebut kalau ular sanca memang tak jarang memangsamamalia ukuran besar bahkan bisa 10 kali lebih besar dari ukuran mulut mereka

Ular sanca melumpuhkan lawan atau mangsa dengan melilitnya, dan menghancurkannya, membunuhnya sampai mati lemas atau menderita serangan jantung. Ular sanca tidak mengunyah makanan mereka, mereka harus menelan utuh mangsanya. Staf konservasi & riset dari lembaga Wildlife Reserves Singapore sekaligus pakar ,Mary Ruth Low menyebut ular sanca bisa menelan mangsa bulat bulat karena rahangnya dihubungkan oleh berbagai ligamen yang sangat fleksibel.

Ini membuat rahangnya mampu meregang jika memakan mangsa dalam ukuran besar. "Ularsanca hanya menyantap mamalia," kata Low menggaris bawahi, meskipun mereka kadang kadang memangsa reptil, termasuk buaya. Awalnya mereka memangsa tikus dan hewan hewan kecil lainnya, katanya.

"Tapi setelah mencapai ukuran tertentu, mereka hampir tidak menghiraukan tikus dan hewan hewan sejenisnya lagi, karena asupan kalori yang akan didapat sudah tidak mencukupi," ujar Low. "Intinya mereka bisa memakan mangsa sebesar mungkin (seperti babi atau sapi)," sambungnya. Kadang kadang mereka salah perhitungan juga dalam memilih santapannya.

Pada tahun 2005 seekor ular Sanca Burma berusaha menelan bulat bulat seekor buaya. Alhasil, kedua hewan itu mati. Itu karena buaya bisa ditelan sebagian, namun mengakibatkan perut ular itu pecah saat memamahnya. Tapiular sancajuga bisa memilih milih mangsanya. Jika mereka tidak mendapat mangsa yang benar benar cocok, mereka bisa menyantap yang kecil kecil untuk sementara sampai akhirnya mereka menemukan mangsa yang cukup besar

Baca Lainnya

Petinggi Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Diketahui Terbang ke Indonesia

Ristia Afifah

Indonesia Kampanyekan Diri Jadi Anggota Dewan HAM PBB 2020 2022

Ristia Afifah

Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah ke Luar Jawa, 12 Negara Ini Sukses Pindahkan Ibu Kota Negaranya

Ristia Afifah

Bule Nikahi Penjual Ayam Bakar dan Bantu Jualan Jadi Viral, Ternyata Seorang Buron

Ristia Afifah

Dokter Ditangkap Polisi, Diduga Sebarkan Virus HIV Melalui Jarum Suntik, 65 Korbannya Anak Anak

Ristia Afifah

Media Turki Ungkap Transkrip Rekaman Mengerikan Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi

Ristia Afifah

Jepang akan Tetap Bantu Pengembangan Pulau-pulau Terpencil di Indonesia Kesepakatan Dua Menlu

Ristia Afifah

Bocah Ini Selama 6 Tahun Mengeluh Sakit, Orangtuanya Tak Menyangka Ada Jarum 5 cm di Lehernya

Ristia Afifah

Jadi Kado HUT RI 74 dari Dubai, Gedung Tertinggi Dunia Burj Khalifa Pajang Ilusi Bendera Merah Putih

Ristia Afifah

Foto Foto Terbaru Song Hye Kyo Badannya Kurus Rambut Acak Acakan Setelah Digugat Cerai Song Joong Ki

Ristia Afifah

BERITA POPULER – kisah Sopir Taksi Online Detik-detik Penumpang Melahirkan di Mobilnya

Ristia Afifah

Kim Kardashian dan Kanye West Habiskan Rp 18 Triliun untuk Gaji Baby Sitter Keempat Anaknya

Ristia Afifah

Leave a Comment