25.3 C
Jakarta
Sunday, Aug 9, 2020
Image default
Nasional

Video Jokowi Marahi Kinerja Menteri Baru Diunggah Setelah 10 Hari Fahri Hamzah Apa yang Terjadi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi sorotan lantaran secara terang terangan 'memarahi' dan jengkel dengan kinerja para menterinya. Kemarahan tersebut ia lampiaskan di hadapan para menteri dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara. Rupanya, sidang tersebut diadakan di Jakarta, pada Kamis (18/6/2020) lalu.

Namun kejadian itu baru terungkap ke publik pada (28/6/2020) kemarin. Video berdurasi 10 menit tersebut diunggah dalam akun Youtube resmi Sekretariat Presiden dengan judul 'Arahan Tegas Presiden Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Negara, 18 Juni 2020'. Berjaraknya kejadian dengan tanggal dirilisnya video pun menjadi tanda tanya.

Beberapa publik figur turut mengomentari berselangnya jarak 10 hari tersebut. Di antaranya Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fahri Hamzah. Ia menanyakan apa yang terjadi dengan selang waktu yang begitu lama terkait kemarahan presiden ini.

Hal tersebut ia utarakan dalam sebuah cuitan pada Senin (29/6/2020). "Berita Hari ini: Presiden marah 18 Juni 2020. Terdengar marah 28 juni 2020. Jarak Marah Terdengar 10 hari.

Apa yang terjadi?" tulis Fahri dalam cuitannya. Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sektretariat Presiden, Bey Machmudin mengklarifikasi hal tersebut. Pihaknya mengaku memiliki alasan tersendiri perihal unggahan video yang berselang hingga 10 hari.

Bey mangatakan, video itu memang awalnya tak akan dirilis karena sidang paripurna tersebut bersifat internal atau tertutup. Bahkan, wartawan juga tidak diperbolehkan untuk meliput. "Karena awalnya Sidang Kabinet Paripurna tersebut bersifat intern," kata Bey kepada , Minggu (28/6/2020).

Namun, Biro Pers Istana menilai pernyataan Presiden dalam rapat tertutup itu penting untuk dipublikasikan. Banyak hal yang baik, dan bagus untuk diketahui publik. Oleh karena itu, pihak biro pers meminta izin kepada Presiden Jokowi untuk merilis video itu.

"Kami meminta izin kepada Bapak Presiden untuk mempublikasikannya. Makanya baru di publish hari ini," kata dia. Bey pun beralasan butuh proses panjang dan teliti untuk mempelajari video itu sehingga menghabiskan waktu sampai 10 hari. "Kami pelajarinya agak lama juga, pelajari berulang ulang," ujarnya.

Sebelumnya, video tersebut menjadi ramai diperbincangkan lantaran Presiden Jokowi menegur para menteri dengan nada tinggi. Ancaman tersebut terkait para menteri yang masih bersikap biasa saja. Padahal, Indonesia tengah dirundung masa krisis akibat pandemi Covid 19.

Terlebih, pandemi Covid 19 membuat dampak yang sangat serius terhadap perekonomian. "Saya lihat, masih banyak kita ini yang seperti biasa biasa saja. Saya jengkelnya di situ." "Ini apa enggak punya perasaan? Suasana ini krisis!" tegas Jokowi.

Rupanya, alasan lainnya, Jokowi jengkel karena banyaknya anggaran yang belum dicairkan. Di antaranya seperti anggaran kesehatan yang sudah dianggarkan sekitar Rp 75 triliun, tapi baru cair sebesar 1,53 persen. Jokowi juga menyinggung penyaluran bantuan sosial yang masih belum optimal 100 persen.

Padahal saat ini masyarakat betul betul menunggu bantuan tersebut. Dengan nada tinggi, ia kembali mengingatkan para menteri, mereka harus bekerja ekstra keras di masa krisis untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Lainnya

Kota Pariaman Siap Bagikan Kartu Tani menuju 2.385 Petani

Ristia Afifah

Hari Ini dalam Sejarah: 23 Agustus 1949, Dimulainya Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag Belanda

Ristia Afifah

Mantan Ketua PB PGRI Sebut Mayoritas Guru & Kepala Sekolah Setuju UN Dihapus

Ristia Afifah

Saat Menko Muhadjir Terheran Ada Kulkas yang Berlabel Halal

Ristia Afifah

RUU HIP Datangnya dari DPR Bukan Pemerintah Mahfud MD

Ristia Afifah

Waspadai 8 Ciri Predator Seksual Kasus Reynhard Sinaga Jadi Sorotan

Ristia Afifah

Bekasi & Bogor Bantuan APD & Masker buat Tenaga Medis yang Tangani Covid-19 di Jakarta

Ristia Afifah

BREAKING NEWS Jokowi Minta Daerah Tetap Sediakan Moda Transportasi

Ristia Afifah

Komisi III DPR Imbau Polisi Gunakan Cara Persuasif & Humanis Selama PSBB Jakarta

Ristia Afifah

Pemerintah Tunda Pemberian Insentif buat Pariwisata Corona Masuk Indonesia

Ristia Afifah

Tapi Saya Enggak Ambil Pusing Putri John Kei Jelaskan Duduk Perkara Hubungan Ayahnya dengan Nus Kei

Ristia Afifah

Jenderal Sudirman hingga Pattimura dari Bung Tomo Ucapan Pesan & Kata Mutiara Para Pahlawan

Ristia Afifah

Leave a Comment